Calon Rocker Pindah Rumah!

Cara Mudah Menghafal Tanda Kunci Gitar Bag. 01

Apa Itu Kunci Gitar?

Halo teman Calon Rocker!

Key Signature atau tanda kunci adalah tanda yang berupa pemakaian sharp (#), flat (b), dan normal (⌭) pada staff untuk menunjukkan pada pemusik kunci apa sebuah lagu dimainkan. Gw gak akan bosan buat ngingetin bahwa kunci beda dengan chord. Silahkan lihat contoh di bawah ini:

Contoh di atas menunjukkan progresi chord C-F-G-Am yang dimainkan dalam kunci C. Belum jelas? Mari kita lanjutkan!

Pembukaan Cara Mudah Menghafal Tanda Kunci Gitar

Sekarang kita bakal bahas mengenai tanda kunci gitar, kunci gitar bagi pemula lengkap, dan cara belajar kunci gitar bagi pemula. Dengan mengikuti cara belajar kunci gitar untuk pemula ini, diharapkan lo nanti bisa tau cara mudah menghafal kunci gitar bagi pemula, dan dapat dengan mudah mengenal kunci gitar bagi pemula.

Gak ada cara yang terlalu mudah buat menghafal tanda kunci pada musik, termasuk gitar. Tapi lo tau kan kalo Calon Rocker itu anti ribet? Jadi gak mungkinlah gw bikin video 30 menit dan nyampein materinya di menit ke 15, plus iklan di mana-mana. Matre dan ngerugiin subscribers aja sih. Itu menurut gw, gak tau kalo menurut yang lain.

Ini adalah tanda kunci paling umum yang sering diajarin di lagu-lagu Sekolah Dasar, yaitu kunci C (Major).

Kenapa? Karena di kunci C tidak ada modifikasi sharp dan flat sama sekali.

Setiap garis pada staff itu mewakili nada tertentu, coba lihat dan ingat nama-nama nada pada garis-garis di staff yang gambarnya di bawah ini:
Di atas F masih ada G dst, dan di bawah G masih ada F dst.

Yang Harus Dihafal

Ya, ya, gw tau menghafal itu membosankan. Tapi gw janji ini bakal jadi hafalan yang sangat mudah, karena gw membuatnya secara sistematis.

Hanya kunci C yang tidak memiliki key modifier (modifikasi kunci), selebihnya memiliki key modifier. Ini urutannya: G-D-A-E-B-F-C. 
Cobalah untuk menghafal G-D-A-E-B-F-C, karena ini akan memudahkan pelajaran selanjutnya. Dan hafalkan urutannya mulai dari F kembali ke B (F-C-G-D-A-E-B). Tinggal dibolak-balik kan?

G memiliki 1 sharp, yang letaknya di F.


Ini menunjukkan bahwa nada yang dimainkan adalah seperti kunci C, tapi dengan F#. Jadi seperti ini, C-D-E-F#-G-A-B, atau untuk kunci G urutannya akan menjadi G-A-B-C-D-E-F#-G. 
Kira-kira kunci apa yang memiliki 2 sharp? Kalau lo jawab D, lo benar. Ingat contekan di atas G-D-A-E-B-F-C? Lalu di mana kita harus meletakkan sharpnya? Lihat contoh di bawah.

D memiliki 2 sharp, yang letaknya di F dan C.

Letak sharp ada di F dan C, ingat contekan yang "Dan hafalkan urutannya mulai dari F kembali ke B (F-C-G-D-A-E-B)?".

A memiliki 3 sharp, yang letaknya di F, C, dan G.

Nah, segini dulu biar kepala gak meledak, kita bakal lanjutin di artikel Cara Mudah Menghafal Tanda Kunci Gitar Bag. 02. Atau lo udah bisa tebak tanda kunci lainnya mengikuti 4 contoh pola di atas? Gw calon Rocker, undur diri.


Comments