Calon Rocker Pindah Rumah!

Mengenal Bagian Gitar Elektrik dan Fungsinya



Mengenal Bagian Gitar Elektrik dan Fungsinya

Halo teman Calon Rocker!
Mari kita mengenal lebih jauh tentang gitar elektrik kesayangan kita. Inilah bagian-bagian gitar elektrik dan fungsinya:

Pickup 

Pickup adalah "telinga" bagi gitar elektrik kita. Tanpa pickup, kemungkinan gitar kalian adalah gitar akustik atau gitar yang rusak.

Kita mengenal istilah single coil untuk pickup dengan dimensi single (untuk jelasnya, lihat gambar), dan humbucker untuk pickup yang bentuknya seperti yang menempel di gitar saya. Dimensinya dua kali pickup single coil.
Single coil
Humbucker

Selain itu, kita mengenal juga tipe double coil yang dimensinya hanya sebesar single coil namun memiliki dua gulungan. Ya, istilah coil itu berarti gulungan.
Double Coil

Bridge

Bridge adalah tumpuan senar, ada fixed-bridge yang sifatnya tidak bisa bergerak, ada tremolo yang hanya bisa bend ke bawah (nada turun), dan ada up-down atau biasa disebut dengan nama whammy bar yang memungkinkan nada dibunyikan turun dan naik..

Whammy Bar Up/Down

Tremolo Bar
Fixed bridge


Tuner

Bukan, ini bukan tuner alat bantu penyeteman gitar, melainkan tempat senar "digulung" untuk disetem. Saya pribadi menyukai locking tuner, karena selain harganya sangat terjangkau, tuner ini juga menjaga gitar saya "in-tune" lebih lama.
Locking Tuner
Prinsip kerjanya adalah mengunci senar yang sudah disetem agar tidak "lolos" dari tunernya. Locking tuner berfungsi seperti baut yang akan mengunci senar tetap pada tempatnya.

Comments