Calon Rocker Pindah Rumah!

Belajar Biologi: Cara Ilmiah Menjadi Gitaris Yang Lebih Baik


Halo teman Calon Rocker!



Lu pernah ga ngerasa, “kok gw udah latihan gitar kayak orang gila tapi perkembangan gw segitu-gitu aja?”. 

Kalau ya… tontonlah video ini, karena gw punya banyak kabar buruk untuk kalian.

Tapi gw warning dari awal, video ini panjang, dan buat yang gak mau maju… bakal terasa sangat membosankan. Jadi ada baiknya lu add video ini ke playlist watch later, atau playlist apalah, tandai dengan like, atau gampangnya… bookmark sekalian.


Kita mulai…


Permainan gitar membutuhkan kemampuan motorik yang baik. Dan penelitian scientific menemukan bahwa hanya ada dua cara agar kemampuan motorik menjadi lebih baik dan kuat:

  1. Neural Adaptation
  2. Hypertrophy
  1. Neural Adaptation 


    Adalah ketika otak merekam kegiatan yang rutin dilakukan oleh syaraf dan kemudian membuatnya bekerja dengan lebih baik, atau bisa kita bilang menjadi lebih trampil.

  2. Hypertrophy


    Adalah ketika kita mengeluarkan tenaga yang “memaksa” sel otot kita menjadi lebih besar, dan ketika kita istirahat, sel itu akan memperbaiki dirinya, dan kita akan menjadi lebih kuat.

    Tapi ingat… sel akan memperbaiki diri ketika kita beristirahat. Jadi kalau ada yang bilang terus berlatih sampai melukai diri sendiri… itu saran yang tolol.
Ini gitar, sob… bukan latihan kungfu. Bahkan kungfu aja udah terbukti gak efektif di ajang MMA…
Walah, jadi nyeleweng…

Ok, ijinkan gw istirahat sebentar buat memperbaiki sel otak gw… sambil lu klik tombol subscribe dan lonceng video ini.

Udah? Ok, sini gw lanjutin…

Jadi daging yang melekat di tulang kita ini, sebetulnya adalah otot. Jadi bisa dibilang semua orang itu pasti berotot, kalo gak punya otot, ya tinggal tulang sama kentut doang.

Otot menggerakkan badan dengan cara menarik dan meregang… makanya di latihan gitar, kita kenal istilah stretching untuk peregangan dan fingering untuk penempatan jari. 

Gimana untuk melatih otot menarik? Kita bisa pakai Gripmaster, atau pakai solusi murah yang linknya gw kasih di kanan video ini.

Tulang-tulang yang di jari kita dan juga di seluruh badan kita dihubungkan oleh sendi, pergerakan sendi ini dibungkus dan dibatasi oleh ligament yang melekat ke tulang-tulang yang dihubungkan oleh sendi tadi. 

Nah, pergerakan itu dilakukan oleh otot yang kita sebut sebagai tendon. Bayangkan jari kita sebagai tuas yang bisa bergerak dengan menarik talinya ke kiri dan ke kanan. Dan engsel tuas itu sebagai sendinya.

Dalam 2 sampai 8 minggu latihan, baru neural adaptation yang berkembang. Artinya, lu bisa mainin licks atau apapun yang lu latih secara lebih trampil.

Setelah melewati 8 minggu, barulah sel-sel di tanganlu mulai berkembang, kita masuk ke tahap hypertrophy. Jadi lu bisa mainin licks atau apapun yang lu latih itu dengan lebih kuat.

Buat apa lebih kuat?

Dalam gigs sebenarnya, memainkan satu lagu aja udah memakan energi, kecuali lu mainnya kaya orang cupu yang cuma diem di tempat. Lihat contohnya di link yang gw kasih di kanan atas ini.

Dan lu perlu stamina yang baik buat mainin gitarlu dalam durasi yang cukup lama. Dan… masukkan bending dan vibrato ke daftar utama yang harus lu ingat. Karena itu yang paling banyak menguras energi.

Tapi gw punya berita buruk!


Badan kita butuh 48 jam untuk hypertrophy bekerja kalau kita istirahat. Jadi… setelah 8 minggu itu… waktu akan terasa lambat sekali untuk merasakan perkembanganlu. 

Jadi ini tips dari gw…


Gak usah fokus pada latihannya, tapi fokus pada tujuannya. Tujuan gw adalah membaikan ilmu sebanyak-banyaknya, dan itu yang gw lakukan.

Gw gak mungkin berharap bisa menandingi kecepatan jari teman gw gw, teori musiknya, atau kepekaan telinga teman gw karena latihan dan batasan kemampuan orang berbeda-beda. Dan fokus semua orang berbeda-beda…

Seandainya aja kita bisa jadi Naruto yang bisa jadi 1000 dan masing-masing latihan yang berbeda.. wow… mungkin kita bisa memecahkan record dunia. Eh… tapi kalau kita semua bisa begitu, lantas yang mecahin recordnya siapa nanti?

Balik lagi ke topik…

Gw punya kabar buruk kedua!


Di tahap hypertrophy ini… anggaplah kekuatan kita mencapai level 2, maka kita perlu melakukan beban latihan lebih dari biasanya agar bisa mencapai level 3. 
Kalau lu sering main RPG atau MMORPG pasti ngerti apa maksud gw. Kalau gak… ini gambarannya…

Anggaplah lu baru buat karakter di game itu, lalu lu dapat tugas buat bunuh 1 goblin buat naik ke level 2, tugas selesai. Lu dapat naik level dan reward. 

Selanjutnya, lu gak bakal bisa naik level dengan bunuh 1 goblin, tapi harus 10 goblin, atau 1 zombie yang tingkat kesulitannya sama dengan 10 goblin.

Daaaan… balik lagi, tentuin tujuan lu dari awal, mau jadi kaya barbarian yang sekali gebuk bisa bunuh 1 goblin tapi cuma punya 1 jurus, atau jadi sorcerer yang harus 5 kali keluarin spell tapi bisa pakai 5 spell yang berbeda di tiap serangannya…. atau jadi bard, yang ngegitar buat naikin damage dan nyembuhin temen-temennya.

Gw pribadi… mau jadi bard.

Jadi ada tips yang ilmiah untuk berlatih dengan efektif…

  1. Hanya berlatih 1-3x dalam seminggu. 
    Usahakan berlatih dengan durasi dan tempo yang masuk akal. Gak perlu ikutin mitos 8 jam sehari blablahblah… Kenapa? Dengerin penjelasn selanjutnya.
  2. Lakukan 5-12x pengulangan untuk menambah beban hypertrophy.
    Jadi… setelah melewati 8 minggu latihan, minimal perpanjang waktu latihanlu 35x, dan maximal 12x. Kalau lu start di minggu 1-8 itu latihan 8 jam… terus lu mau latihan naik ke level selanjutnya jadi 40 jam? Itu ampir 2 hari nonstop, bos! Terus tanpa istirahat 48 jam, latihanlu jadi cuma kaya kerja rodi.
  3. Naikin tempo pelan-pelan… bisa 3-5x.
    Jadi… setelah melewati 8 minggu latihan, baru naikin tempo… misalnya awalnya 40bpm, naikin ke 120bpm. Gimana kalau set awal latihan lu maksa latihan di 120bpm?…. lu kaliin aja deh sendiri. God mode!

Tunggu! Ini bukan berarti lu harus mengurung gitarlu di hardcase atau malah lu yang ngumpet di hardcase selama gak latihan. Main gitar ya main gitar aja, sob… tapi anggap aja kaya lagi ngemil di sela-sela makan berat, gak usah set tempo dan patuh durasi segala.

Inget, main gitar itu bagian dari hiburan, seni, tujuannya menghibur orang. Karena percuma lu jago kalo gak ada yang mengapresiasi. Sama aja kaya lu jago tinju tapi lawan tembok.

Sekarang kembali ke judul video ini… Belajar Biologi: Cara Ilmiah Menjadi Gitaris Yang Lebih Baik


Belajar biologinya kan udah ya… sekarang menjadi gitaris lebih baiknya…

Saran gw, selalu syukuri perkembanganlu, karena kalau lu set goal terlalu tinggi, sejago apapun lu nantinya, lu sendiri yang gak bakal pernah ngerasa terhibur sama kemampuanlu. Dan ujung-ujungnya, lu bakal kehilangan passion buat ngegitar dan beralih jadi YouTuber… eh maksud gw jadi yang lainlah pokoknya.

Nah…. setelah kabar-kabar buruknya, sekarang gw sampein kabar baiknya…

Artikel ngebosenin ini habis di sini!

Comments