Calon Rocker Pindah Rumah!

Efek Distorsi Keren Bingitz

Amplitube adalah sebuah amp simulator, yang artinya dia berfungsi sebagai pembuat simulasi amply gitar dan bass. Ini membuat orang yang memakainya menghasilkan suara mirip seperti suara yang dikeluarkan oleh ampli sungguhan. Amplitube bisa didapatkan secara gratis dari AppStore dan Play Store.


Langsung saja ke interface amplitube. 

Awalnya kita diberi panel ampli dengan empat ruang kosong di atasnya yang bisa diisi dengan efek pedal. Ampli ini bisa kita ubah merk dan jenisnya, namun pilihannya agak terbatas untuk versi gratis. Namun buat saya itu lebih dari cukup.

Untuk bagian efek kita bisa memilih pensortiran melalui merk atau tipenya. 

Selain itu, ada juga post FX, yang artinya suara yang masuk ke efek di sini adalah suara setelah diproses. Atau mungkin kita bilang sebagai send/return. Cara pemilihannya juga serupa dengan pemasangan efek sebelumnya.

Amplitube juga memiliki perangkat untuk tuning dan perekaman. Namun untuk perekaman fungsinya agak terbatas, karena memang bukan untuk itu peruntukannya.

Amplitube juga memungkinkan kita untuk mengetahui tempo sebuah lagu dengan menggunakan tap tempo.

Tips membuat distorsi

Untuk membuat distorsi yang terdengar "tebal" di perekaman kita tidak perlu membuat setting dengan mid dipotong habis dan bass disetel penuh, melainkan dengan menumpuk distorsi dalam posisi netral atau arah jam 12 beberapa kali.

Posisi EQ yang netral juga memungkinkan pengolahan suara lebih lanjut yang lebih luas.

Comments