Calon Rocker Pindah Rumah!

Cara Bikin Lagu Ala Steve Vai dan Satch

Cara Bikin Lagu Ala Steve Vai dan Satch

Judul di atas memang lebay sekali ya? Tentu butuh banyak elemen ekstra buat bikin lagu kaya Steve Vai atau Joe Satriani. Tapi kalau kita sudah tahu dasarnya, kita tahu dari mana harus memulai.

Lagu-lagu Steve Vai dan Joe Satriani, atau biasa kita sebut dengan Satch, memiliki kunci chord progression menggunakan Lydian dan Mixolydian. Kita akan membahas tentang Lydian dan Mixolydian di bawah ini:

Lydian dan Mixolydian

Lydian adalah modes yang dimainkan dari nada ke-4 pada jalur major, yaitu Fa. Sementara Mixolydian dimainkan dari nada ke-5 pada jalur major, yaitu So. Keduanya memiliki sifat Major (Mayor), darimana kita tahu? Berikut ini adalah jalur Major yang utama, yaitu yang dimulai dari Do, bernama Ionian:

  • do (Major) - re (minor) - mi (minor) - fa (Major) - so (Major) -la (minor) - ti (minor) - do (Major)

Sehingga menunjukkan mode Lydian sebagai berikut:

  • fa (Major) - so (Major) -la (minor) - ti (minor) - do (Major) - re (minor) - mi (minor) - fa (Major)

Dan, mode Mixolydian sebagai berikut:

  • so (Major) -la (minor) - ti (minor) - do (Major) - re (minor) - mi (minor) - fa (Major) - so (Major)

Sudah Ngulik Banyak Licks Steve Vai dan Joe Satriani Tapi Masih Terdengar Biasa? Mungkin Ini Letak Kesalahannya!

Yang membuat Steve Vai terdengar seperti Steve Vai dan Satch terdengar seperti Satch bukan hanya pada licks yang mereka mainkan, melainkan juga pada progresi chord yang mereka gunakan. Kalau kita memainkan licks Steve Vai dan Satch pada chord progression Major standard (Ionian), tentu akan terdengar seperti licks biasa saja. 

Jadi anggaplah modes ini sebagai "rumah" bagi licks yang dimainkan. Licks akan memberikan nuansa berbeda ketika dimainkan dalam rumah yang berbeda.

Kita sudah mempelajari chord yang ada pada modes Lydian dan Mixolydian, mari kita lanjutkan dalam video berikut ini:

Oh iya, kalau video ini berguna, jangan lupa like, share dan subscribe. Kalau tidak berguna, beri masukan di kolom komen bagaimana agar berguna. :)

Progresi Chord:

Dalam Ionian: I–V–vi–IV: G–D–Em–C
Dalam Lydian: IV–I–V–vi: C–G–D–Em
Dalam Mixolydian: V–vi–IV–I: D–Em–C–G

Apa Persamaan Ketiga Modes di Atas?

Ketiga modes di atas memiliki sifat Major, seperti sudah ditampilkan menurut contohnya. Ini ditunjukkan dari chord pertama dalam modes tersebut. Pada Ionian di G (do-G), kita melihat bahwa G di situ adalah G Major, yang disusul oleh C Major pada fa, dan D Major pada so. Setelah sampai sini, semua tampak mudah bukan?

Jadi apa yang membuat sebuah licks menjadi terdengar seperti Steve Vai atau Satch? Tidak lain adalah progresi chord yang mereka buat dan pakai pada lagu-lagunya. 

Tentu saja banyak faktor lain yang menjadi faktor pendukung, misalnya bassline yang terdengar "miring" atau penekanan pada nada tertentu dalam chord yang menunjukkan bahwa (misalnya) C Major yang dipakai adalah C Major untuk Lydian , dan bukan C Major biasa. Kita akan bahas ini lain kali.




Comments