Calon Rocker Pindah Rumah!

Cara Main Gitar Untuk Pemula Eps. 06 | Menggabungkan Pola Solmisasi

Menggabungkan Pola Solmisasi

Di artikel sebelumnya, yaitu di Cara Main Gitar Untuk Pemula Eps. 04, kita sudah mempelajari tiga pola solmisasi. Yaitu, yang dimulai dari jari pertama, kedua, dan keempat.

Baca artikel Cara Main Gitar Untuk Pemula Eps. 04 untuk mengetahui ketiga pola itu.

Video di bawah ini akan menunjukkan bagaimana cara menggabungkan tiga pola yang sudah kita pelajari menjadi satu kesatuan yang panjang. Bahkan, kalau dipelajari dengan lebih mendalam bisa dipakai untuk main di seluruh fretboard kita.
Gak percaya? Coba tonton dulu videonya sebelum ke bagian tablature latihan di bagian akhir artikel ini.

Tablature Untuk Latihan 

Tablature ini hanyalah untuk latihan agar jari menjadi terbiasa dengan pola yang dipelajari dan kita bisa mengetahui posisi mana yang nyaman untuk kita mainkan, atau kita kembangkan. 

Silahkan baca artikel Senam Jari Tanpa Alat ini untuk membantu mempercepat proses pembelajaran.

Ini bisa menjadi acuan untuk berimprovisasi, ya karena kita sudah mengetahui di mana letak nada-nada yang akan kita tuju. Tapi, memainkan ini bukanlah bentuk dari improvisasi, karena kita tidak mau terdengar terlalu scale-ish atau "kejalur-jaluran".

Semua contoh yang diberikan di sini ada di kunci G, silahkan merujuk ke sini untuk mengetahui letak kunci-kunci lainnya. Dan kalau lo tertarik untuk belajar kunci lebih lanjut, lo bisa buka artikel Cara Mudah Menghafal Tanda Kunci Gitar
Mari mulai berlatih!
Perhatikan kapan polanya berubah!
  • Latihan 1

  • Latihan 2

  • Latihan 3
Latihan ke-3 ini sebetulnya hanyalah penggabungan dari latihan 1 dan 2 agar latihan tidak terputus.

  • Latihan 4/Pedal Tone Seperti di Video
Pedal tone artinya memainkan sebuah phrase/lick yang selalu kembali ke not yang sama. Di contoh ini, pedal tonenya adalah D, karena selalu kembali ke nada D.


Lo bisa kreasikan penggunaan pedal tone sesuai kebutuhanlo. 
Selamat berlatih! gw Calon Rocker undur diri!



Comments