Calon Rocker Pindah Rumah!

Kenapa Diminished Asik | Pakailah Istilah Musik Yang Benar!





Narasi


Halo teman Calon Rocker!
Kali ini gw mau ajak lo bahas tentang diminished, baik secara scale atau jalur nada dan secara arpeggio, dan… kok bisa ada diminished?


Sesuai namanya, diminished yang artinya berkurang itu adalah chord ke-7  dari tiap kunci yang dimodifikasi.


Hubungan Diminished dengan Blues Scale


Diminished bisa ada karena ada tambahan nada ini… dan bukan kebetulan kalau nada ini jugalah yang membentuk Blues scale. Makanya, para bluesman bisa bebas menggabungkan atau menabrakkan pola Pentatonic scale yang ujung-ujungnya menghasilkan Chromatic scale.


Contoh, di kunci C, relative minornya adalah A. Di kunci C ada 3 chord minor selain minor flat b5, yaitu chord D minor, E minor, dan A minor. Kalau kita mainin blues scale yang sama persis di tiga tempat tadi, kita bakal dapetin nada pembentuk Harmonic minor juga di situ.


Ini contohnya…


Untuk keterangan lengkapnya dan untuk menghemat durasi video (dan quota lo), lo bisa cek di website gw yang linknya nanti gw pin di bagian komen.


Nah, ini kerennya… karena bentuknya yang simetris, maka Diminished kerap disebut dengan Symetriccal scale, begitu juga dengan whole-tone.


Diminished ini asiknya adalah karena semua nada yang ada 1 fret di atasnya atau ½ nada  adalah root.


Ini contohnya...


Gak bingung kan dengan nama-nama itu, kalau bingung ya cek aja di website gw.  Jangan malah bikin-bikin istilah sendiri mentang-mentang ini lo bilang Bahasa Inggris.


Gini sob, musik itu bahasa universal, di mana-mana sama. Kecuali kalo cita-cita lo ngegitar cuma supaya namalo sampe ke RT sebelah, ya bebas aja sih pake istilah sendiri. Lagian, masa sih hari gini ada sekolah yang gak ngajarin Bahasa Inggris?


Jadi coba pahami istilah musik yang universal ini dan ketahui apa bedanya chord dengan kunci. Linknya gw kasih di atas nih. Jadi sebelum lo ngelawak dengan komentar bahwa keduanya sama, lo harus pastiin kalau:


  1. Lo lucu
  2. Lo tahu dulu mana yang bener
  3. Konsultasi sama guru kesenian lo di SD.
Kalau lo bilang pemakaian istilah tergantung di level mana kita ngomong, jadi… lo udah selevel siapa? Apa lo biarinin orang di bawah lo tetap salah dengan gak mengkoreksi, atau lo adalah tipikal orang yang manggil mastah ke siapa pun yg lo anggap lebih dari lo…


dan yang kaya gini biasanya bakal ngerasa mastah dan superior dibanding yg dia anggap gak selevel sama dia.


Kasian sob… Itu mental… budak.


Segitu dulu buat sekarang, Untuk penutupan, gw bakal main freestyle menggunakan diminished scale. Buat tablature kerangkanya, silahkan comot di web gw…


Calon Rocker, out!

Comments