Calon Rocker Pindah Rumah!

Profesi Sebagai Seorang Tutor Gitar

Profesi Sebagai Seorang Tutor Gitar

Halo teman Calon Rocker!
Kali ini gw mau bahas tentang profesi sebagai seorang tutor atau pengajar, dan gak cuma di gitar tapi juga di bidang lainnya. Waktu gw menjadi seorang murid sekolah, gw sering sekali menyinyir guru gw setiap kali gw kena damprat karena gak perhatiin guru gw ngajar atau nilai gw jelek.

Dulu gw sering mikir gini, "kalo lo segitu pinternya, kenapa lo cuma jadi guru (SD/SMP/SMA)?". Apakah lo pernah berpikiran sama? Percayalah, sob... itu pikiran yang SALAH!

Tapi gw bersyukur banget profesi tutor/guru itu ada di bumi ini. Kalau gak, bumi ini isinya orang bego semua, karena yang pinternya udah bikin roket sendiri dan hidup nyaman di bulan sana. Dan bulan isinya yang pinter doang, karena yang jenius udah tinggal di Mars dan seterusnya.

Pendapat Pribadi Tentang Profesi Sebagai Seorang Tutor Gitar

Apakah profesi sebagai pengajar itu merupakan panggilan jiwa atau keterbatasan?
Menurut gw pribadi (yang berdasarkan pengalaman pribadi), gw jadi tutor gitar karena panggilan jiwa, walaupun bisa jadi karena keadaan yang membuat gw "mentok" menjadi seorang tutor di bumi dan bukan di bulan sana. 

Tapi, hidup itu cuma butuh satu hal, sob. Meskipun disertai rasa stress, euphoria, cucuran keringat dan air mata sebagai dinamikanya... ujung-ujungnya yang kita butuh sebetulnya cuma satu, yaitu... Rasa nyaman!

Percuma lo banyak duit, kalo orang cuma mandang lo kalo lo lagi mau keluarin duit. Percuma lo jadi artis beken, tapi gak nyaman karena lo gak punya privasi lagi. Percuma lo punya pacar banyak, tapi mereka gak bisa akur satu sama lain... eh!

Rasa nyaman menjadi seorang tutor adalah ketika si murid mampu memahami apa yang diajarkan. Sementara rasa bangga seorang tutor adalah ketika si murid mendapatkan sebuah achievement. Misalnya, ketika si murid jadi juara lomba catur, gurunya ikutan bangga, kan? Padahal dia itu murid gitar doang.

Seni Menjadi Tutor

Menjadi pengajar itu seni banget, sob! Lo otomatis jadi psikolog, yang kudu dengerin curcolan muridlo yang sedih lantaran gak dibeliin gitar. Jadi seorang pengukir yang nemuin sebongkah material dan mikirin bakal lo bentuk dan poles jadi apa. 

Dan, lo juga bisa jadi algojo yang wajib tega biang ke muridlo bahwa dia salah. Jangan mentang-mentang dia iuran bulanan lancar lantas lo kasih semua yang dia mau! Jadi tutor itu kasih apa yang dia butuh, bukan apa yang dia mau!
Segitu dulu buat sekarang. Gw Calon Rocker, out!

Comments