Calon Rocker Pindah Rumah!

Definisi Riff dan Contoh Riff A Dorian


Halo teman Calon Rocker! 
Sekarang kita bakal bahas tentang riff gitar lagi. Kok lagi? Ya, karena sebelumnya pernah kita bahas, dan bahkan sudah ada playlistnya (Membuat dan Memahami Riff Gitar) di bawah ini: 



Jadi, anggap aja ini sambungannya. Kali ini topiknya adalah definisi dan contoh riff dan contoh riff A Dorian.

Definisi Riff dan Contoh Riff A Dorian

Riff adalah pola nada yang mewakili kalau tidak bisa dibilang menggantikan progresi rhythm. Biasanya (atau seharusnya) sebuah riff tidak jauh dari progresi chord yang diwakilinya, sehingga bisa menjadi penuntun yang baik sebelum memasuki "badan" sebuah lagu.Karena itulah, riff yang sukses biasanya merupakan pengembangan dari progresi chord penuntunnya.

Selain sebagai pengembangan dari progresi rhythm, riff juga berfungsi untuk membuat sebuah "trademark" dari sebuah lagu. Contoh sederhana adalah intro Sweet Child of Mine, Enter Sandman dan Thunderstruck, di mana animo penonton langsung meledak hanya baru mendengar beberapa nada dari riff yang dimainkan.

Riff adalah term umum dalam bermusik dan tidak hanya berlaku untuk gitar. Ingat intro Hysteria - Muse yang dimainkan menggunakan bass?


Tablature

Seperti dijelaskan di videonya, riff ini berada dalam progresi chord A Dorian yang berisi nada-nada: A-B-C-D-EF#-G-A dan kita tambahkan nada chromatik antara D dan E, yaitu D# yang secara otomatis membuat penggabungan antara A Dorian dengan A Blues Scale. Kita bahas lain kali aja biar gak melenceng dari topik.

Inilah Tablature Riff Dalam A Dorian:

Out of Topic: Kesalahan Dalam Membuat Band

Salah kaprah yang sering terjadi ketika membuat sebuah band adalah menunjuk pemai gitar yang kurang jago sebagai pemain rhythm, dan yang lebih kurang jago sebagai pemain bass. Hei ingat! Seorang gitaris lead hanya perlu memainkan 16 bar solo, sementara para pemain rhythm dan bass harus bermain riff sepanjang lagu. Pikir lagi!
Gw Calon Rocker, undur diri!

Link Tambahan:

Comments