Calon Rocker Pindah Rumah!

Rumus Tapping Gitar Ribet | Trik Gitar Tipu-Tipu 8

Trik Gitar Tipu-Tipu 8: Tapping

Halo teman Calon Rocker!
Ini adalah artikel untuk menunjang video Rumus Tapping Gitar Ribet, yang merupakan Trik Gitar Tipu-Tipu Biar Kelihatan Jago yang ke-8. Video Rumus Tapping Gitar Ribet | Trik Gitar Tipu-Tipu 8 merupakan bagian dari playlist Trik Gitar Tipu-Tipu di YouTube. Kalau mau tahu trik lainnya, lo bisa klik di sini.


Topik kali ini adalah tapping. Tapping berarti membunyikan nada dengan jara menekan fretboard menggunakan tangan picking (kanan, dan kiri untuk yang kidal). Ada beberapa nama yang langsung muncul di kepala kita kalau omongin soal tapping ini. Misalnya, Eddie Van Halen, Reb Beach dan George Lynch.

Tapping masuk ke playlist ini karena gw akan ajarin lo tapping dengan cara yang mudah, tapi langsung kelihatan jago 😈. 
Langsung aja kita mulai!

Ikuti Daftar Isi Ini:

00:50 Jalur E Natural Major Rendah (Open String) 00:11 Jalur E Natural Major Tinggi 01:59 Tablature di https://calonrocker.blogspot.com 02:23 Latihan 1a (Tapping pattern 1) 02:35 Latihan 1b (Tapping pattern 2) 02:52 Latihan 2a (Tapping pattern 1+2 pertama) 03:01 Latihan 2b (Tapping pattern 1+2 kedua) 03:43 Latihan 3a (Tapping + String Skipping 1) 03:53 Latihan 3b (Tapping + String Skipping 2) 04:17 Intro Sweet Child of Mine dengan tapping 04:40 Jamming Track (buat ngiringin latihan)

Mengetahui Nada Yang Akan Digunakan 

Tentu saja kita harus mengetahui nada yang akan digunakan untuk tapping, tanpa memakai nada yang tepat tapping bukan bikin lo kelihatan jago tapi malah bikin lo kedengeran konyol. Sekarang gw kasih contoh nada-nada menggunakan jalur E Major.

Ini adalah nada jalur E Natural Major di fretboard area head:



Pasti sudah sering mainin contoh tadi, kan? Nah, ini adalah jalur yang sama di posisi satu oktaf lebih tinggi:

Seperti gw pernah bahas di video/artikel sebelumnya, mulai dari fret 12 ke atas (ke arah bridge) merupakan pengulangan dari nada yang ada di area fretboard yang lebih rendah.

Kapan Belajar Tappingnya?!?

Sabar dong! Gw baru mau kasih tahu lo trik tipu-tipunya nih!
Kalau lo perhatiin, di dua scale tadi ada nada-nada yang letaknya sejajar. Misalnya nada-nada di fret 2 dan 4 untuk jalur yang rendah, dan 14 dan 16 untuk jalur yang tinggi. Gak kebayang? Lihat contoh di bawah ini:

Nada-nada itu saja yang bakal kita pakai untuk tapping! Jadi lo gak perlu pusing-pusing mikir nada mana yang harus lo mainkan, dan gak perlu ribet dengan perpindahan posisi karena letak nadanya di fret yang sama.
Mari masuk ke latihan!

Latihan 1

Latihan 1 akan melatih kita menggunakan 3 nada saja.

Latihan 1a: Fret 2-4-14

Latihan 1b: Fret 2-4-16

Latihan 2

latihan ini menggunakan 4 nada, dengan menggunakan fret 14 dan 16 secara bergantian.

Latihan 2a: Fret 14-2-4-16

Latihan 2b: Fret 16-2-4-14

Latihan 3

Latihan 3 ini menggabungkan tapping dengan string-skipping atau meloncat senar supaya permainan tapping kita tidak terdengar terlalu scale-ish. 

Sebetulnya secara pribadi gw gak memiliki masalah dengan permainan yang terdengar scale-ish, karena mungkin sejak awal pegang gitar seseorang langsung fokus ke situ. Tapi sebuah kejutan yang random di antara yang lurus-lurus aja bakal mengundang perhatian lebih. 

Nah, string skipping ini membuat hasil latihan lo terdengar lebih random.

Latihan 3a:  Fret 14-2-4

Latihan 3b: Fret 16-2-4

Kesimpulan dan Bonus

Permainan tapping tidak mengutamakan kecepatan, melainkan untuk membuat permainan gitar menjadi lebih unik dengan memungkinkan memainan nada yang gak bisa dicapai hanya dengan fretting hand.

Tapping juga bikin efek keren lo meningkat 999%!!! Gak percaya? Coba lo mainkan permainan tapping sederhana ini di depan temen lo:

Bandingkan juga permainan Green Tinted Sixties Mind gw yang tanpa tapping ini dengan versi Paul Gilbert yg pakai tapping. Langsung kelihatan dong bedanya? Padahal nada-nadanya sama semua.


Sekian dulu untuk kali ini, selamat berlatih! 
Gw Calon Rocker, undur diri!

Comments