Calon Rocker Pindah Rumah!

Tablature Cover AC/DC Highway To Hell Versi Sangat Sederhana

Cover AC/DC Highway To Hell 

Yang Bikin Riff AC/DC Highway to Hell Jadi Catchy dan Unik

Ini adalah cover AC/DC Highway to Hell versi sederhana yang riff sangarnya bisa diikuti oleh gitaris pemula sekalipun. 

Riff lagu ini menjadi catchy di telinga karena permainan rake yang membuat suara perkusif di antara perpindahan chords. Yang membuat riff lagu ini menjadi unik adalah pemakaian jempol tangan fretting (kiri, atau kanan untuk yang kidal) untuk menekan F# di senar ke-6. Tonton aja video di bawah ini untuk jelasnya!


Tablature

Kalau video di atas masih kurang jelas juga, nih gw kasih tablaturenya:


Di atas ini adalah tablature untuk pattern pertama, perhatikan simbol X yang artinya memainkan rake. Perhatikan juga sinkopasi yang dilakukan antara chord dan rake, itu bagian yang paling sering salah gw mainin. Di akhir bagian ini, gw mainin power chord E sebagai penghantar ke bagian reff.

Kita lanjutin ke bagian reff...


Bagian reff ini sangat menyenangkan untuk dimainkan, tapi lumayan susah kalau dimainkan sambil bernyanyi di dalam air.

Bagian Interlude/Solo Gitar

Kedua tablature di atas gw sertakan partiture supaya lo bisa lihat dalam kunci apa lagu ini dimainkan. Gak tahu kunci apa? Cek aja di artikel Cara Mudah Menghafal Tanda Kunci ini. 

Setelah tahu kuncinya (Bukan chords! Beda), lo bisa berimprovisasi menggunakan kunci dasarnya atau minor pentatonic di nada kedua dalam kuncinya. Silahkan cek artikel ini untuk mengetahui perbedaan chord dan kunci, dan artikel ini untuk mengetahui cara improvisasi mengikuti kunci vs mengikuti chords.
Sekian dulu untuk kali ini. Gw Calon Rocker, out!

Comments