Calon Rocker Pindah Rumah!

Solo Gitar Sejam NonStop | Vlog Calon Rocker

Main Gitar Sejam NonStop


Halo teman Calon Rocker! 
Solo Gitar Sejam  ini adalah video main gitar satu jam nonstop alias tanpa cut, edit dll. Video ini bakal gw jadiin awal dari serial perkembangan main gitar/serial gitar progress. Gara-gara eksperimen gitar nonstop satu jam ini, gw jadi tahu susahnya main gitar nonstop.
Jadi, buat para gitaris di luar sana yang malah rutin melakukannya... SALUT BUAT LO!
Kuy ditonton videonya sambil nerusin baca blog ini! 


Kendala Pembuatan Video Solo Gitar Sejam Nonstop

Sayangnya, gw harus meminimalkan resolusi kamera karena dalam dua percobaan sebelumnya kamera menjadi kendala utama kegagalan pembuatan video bermain gitar nonstop hour ini. Dan untungnya, gw melakukannya, karena proses rendering video dalam kualitas kecil ini saja memakan waktu semalaman.
Namun gw menjaga kualitas audionya tetap bagus.

Kendala Hari Pertama 

Kamera mati sendiri, jadi banyak audio yang tanpa visual. Dan ini bikin proses editing video jadi melelahkan dan hasilnya pun jauh dari kelayakan untuk dipertontonkan.

Kendala Hari Kedua

Senar putus di saat gw kehabisan stok karena untuk pembuatan video ini gw memakai satu set senar baru yang merupakan stok terakhir gw. Akhirnya gw pasang senar dengan stok yang ada. Urutan senar yg gw pakai jadi senar 2, 2, 3, 4, 5, 6. Tapi gw udah terlalu jenuh dan kesal untuk bermain ulang.

Dan, kendala kamera tetap sama, banyak bagian video yang terputus.

Kendala Hari Ketiga

Hari ketiga (seharusnya) sudah sempurna. Yang konyol adalah, karena di pagi harinya gw pakai GarageBand untuk bikin tutorial Harmonic, maka pemakaian efek Zoom gw yang tujuannya untuk rekam efek stereo jadi sia-sia. Karena... input waktu bikin tutorial itu lupa gw ubah dari mono ke stereo. Tahu gitu mendingan gw pakai Tubeman Plus gw aja kan?

Gw putuskan untuk pakai 1 action cam dan pakai kamera (depan) hape untuk monitoring. Penggunaan kamera hape ini gw syukuri belakangan, karena ternyata hasil dari action cam sulit gw sinkronisasi dengan audionya saat video editing. 
Dan... ternyata proses rendering video dari hape saja memakan waktu semalaman. Bayangkan berapa lama proses rendering video kalau gw pakai resolusi yang lebih besar lagi! 

Alasan Pembuatan Video Solo Gitar Sejam Nonstop

Video ini bukan untuk menunjukkan seberapa baik atau buruk permainan gitar gw, tapi betul-betul hanya untuk menunjukkan bagaimana kalau gw bermain gitar nonstop, dang yang paling penting adalah supaya gw tahu betapa sulitnya main gitar nonstop. 

Karena, seperti kalian mungkin sudah tahu... gw adalah seorang PEMALAS! Bahkan terlalu malas untuk membaca deskripsi video seperti yang lo lakukan sekarang.

Gw Calon Rocker, selamat menonton!

Comments