Calon Rocker Pindah Rumah!

Pegang Pick Untuk Shredding | Trik Gitar Tipu-Tipu 9

Pegang Pick Untuk Shredding | Trik Gitar Tipu-Tipu 9

Halo teman Calon Rocker!
Kali ini kita bakal bahas tentang cara pegang pick untuk shredding, lalu mempraktekkannya dengan Tremolo Picking. Kalo lo pikir guru gitarlo udah mewariskan semua ilmunya buatlo, simak artikel ini. Karena ini yang gak diajarin gurulo!

Kalo lo mau lanjut baca, silahkan skip videonya, tapi kalo lo mau lihat langsung prakteknya (berikut tips yang gak tertulis)... ya tonton aja video yang cuma semenitan ini:

Tremolo Picking

Gw tulis ini duluan, ya karena ini yang gw janjiin di videonya kan? Tremolo picking artinya lo memainkan nada dengan beberapa kali petikan. Tremolo Picking bisa lo pakai di jalur nada (scale) apa aja. 

Ini adalah tablature untuk lo latihan Tremolo Picking sesuai dengan yang ada di video:

  • Dengan nilai nada 1/4

  • Dengan nilai nada 1/8


  • Dalam triplet


Setelah "lancar", lo bisa langsung ke bagian full di bawah ini...

Kenapa kata "lancar" di atas gw kasih tanda kutip? Karena... ya namanya juga Trik Gitar Tipu-Tipu, asal lo bisa mainin dengan cara sesuai tips yang gw kasih di video di atas, lo udah bisa bikin para newbie melongo.

Cara Pegang Pick Untuk Shredding

Gw gak pernah ukur berapa panjang sisi sebuah pick gitar. Logikanya semakin banyak ujung yang gak lo pegang dan lo pake buat metik maka jarak tempuh dari satu sisi ke sisi yang lain akan makin jauh, betul?

Ini ilustrasi cara memegang pick yang menyisakan banyak area:


Ini ilustrasi kalau pick dipegang hanya menyisakan bagian ujungnya:


Seperti kita tahu, jarak yang pendek dengan kecepatan yang sama akan dapat ditempuh dengan lebih sering dibandingkan dengan jarak tempuh yang jauh. 

Analoginya begini, lo bawa motor matic yang cuma bisa bawa 1 galon air mineral sekali tempuh (kalo lo bisa bawa lebih, gw curiga lo emang kerja di tukang refill air mineral). Lantas lo dapat tugas untuk bawa 5 galon itu buat direfill. 

Mana tugas yang lebih cepat selesai antara lo refill ke warung yang jaraknya 30 meter dari rumah, atau ke sebelah rumah?

Kalo jawabanlo ke sebelah rumah, jawabanlo benar! Walaupun itu artinya lo pemalas! Ke sebelah rumah aja ngapain pake motor?
Segitu dulu buat kali ini, Calon Rocker undur diri!

Comments