Calon Rocker Pindah Rumah!

Cara Mendapat 1000 Subscribers YouTube Dalam 2 Bulan!


Halo teman Calon Rocker!
 
Seperti bisa lo lihat kalau subscribers channel Calon Rocker baru mencapai angka seribuan. Angka yang kecil sih kalau dibanding channel lain yang lebih gede, tapi mungkin di antara elo.. ya, elo! Ada yang punya subscribers di bawah gw karena baru memulai channel.
Gw start channel ini tanggal 4 April 2018, mencapai 500 subs dalam sebulan, dan mencapai 1000 subs sebulan kemudian.




Jumlah hari sejak 4 April sampai hari ini (23 Desember) adalah 263 hari!

Sempat ada yang bilang gini, “anjay lo udah 1k subs, pake cheat engine apa?”. Ya jujur gw bingung dong, soalnya kalo emang ada cheat engine, mungkin gw udah pake. Kalo ada yang tahu apa maksud cheat engine, tulis di komen yah.
Hal yang menyebalkan lainnya adalah kalau ada yang subscribe gw tapi kemudian nodong minta disub balik. 
Saling bantu itu gak salah! 
Tapi cara ngesub tanpa basa-basi lalu nodong itu rasanya kaya lagi di lampu merah, terus kaca mobil disiram air sabun, dilapin kacanya terus lo dipaksa bayar. Biar gak debat lantaran lampu udah mau ijo lo terpaksa bayar. Dan beberapa kilometer kemudian lo baru nyadar kalau lo lagi naik motor. Jadi tadi mobil siapa? Jejeng!
Ada lagi nih yang nyebelin, nulis di komen dengan kode-kode yang dienkripsi macam, “balikin paket kumplit, si merah udah padam, nonton sampai menit kelima”. Ya bukan gimana-gimana juga, cuma video gw selain yang ini rata2 cuma 1-2 menit, gimana bisa ditonton sampe menit kelima?
Entah ya, apakah itu kode sakral sebuah grup, tapi kode-kode si merah padam si abu-abu membiru itu aneh aja buat gw.

Mendingan bikin komen yg relevan sama kontennya, misalnya di video review Slipknot yang linkny di atas tuh, kasih komen, “Slipknot memang band favorit gw dari dulu”. Itu kan memancing gw buat klik icon hati, dan memancing viewer lain buat jawab komenlo.
Gini sob, YouTube sekarang udah jadi kaya sosial media atau forum komunitas lainnya. Jadi makin banyak lo ngasih, makin banyak lo dapet. Siapa tahu gara2 komen lo yang relevan itu, orang yang reply komenlo jadi tertarik buat intip isi channello, iya gak?

Yang Ke-1, Share, Share, Share

Nah, inilah yang gw lakukan sampai dapat 1000 subs. Gw share video gw ke semua sosmed dan media chat yang gw join dengan harapan mengundang view dan berujung pada subscribe dan memulai pembicaraan dan perkenalan melalui komen. Itu yang pertama!

Yang Ke-2, YouTube = Sosmed

Perlakukan YouTube seperti facebook. Rajin-rajin komen atau nanya aja sesuai isi videonya. Tujuannya, selain lo jadi dapat jawaban, lo juga berpotensi kena intip sama komentator lainnya. 
Terus jangan pelit like. Di FB hoax aja lo doain, masa di YouTube like aja pelit? Kasih like ke komen lain yang relevan, lalu lo jawab, dan ini memicu perkenalan.

Yang Ke-3, Kuantitas > Kualitas

Inget kan kalau gw bilang 9 bulan itu 263 hari? Kalau lo cek beranda YouTube gw, lo bisa lihat berapa jumlah video yang gw upload. Sekitar 220-an juga kan? Kalau dirata-rata, itu sama aja dengan gw upload minimal 1 video perharinya.
Ini YouTube, bukan Blockbuster! Lo dan penontonlo ga butuh video cinematic ala-ala tapi uploadnya cuma satu dalam sebulan. 
Kalo lo bisa bikin video bagus tapi butuh waktu sebulan, itu keren! Tapi imbangin sama jumlahnya. Lo bisa upload video lainnya minimal satu kali sehari. 
Kalau lo gak mau fokuslo teralihkan dari proyek cinematiclo, lo bisa bikin video behind the scene atau malah trailer video kerenlo yang tayang sebulan sekali itu. Dan siapa tahu lo malah dapet ide-ide gila dari komen yang berdatangan.

Yang Ke-4, SEO 

ini yang paling basi! SEO, alias Search Engine Optimization. Karena, lo gak mau kan penonton videolo itu cuma mereka yang lo paksa-paksa nonton? Gw gak mau omongin SEO di sini, silahkan lo cek channel ini.

Yang Ke-5, Target Pemirsa!

Perhatiin target lo dari awal mulai dari umur berapa, jenis kelamin apa, hobinya apa. Lo gak bisa bikin semua orang seneng. Misalnya buat channel gw ini, gw gak mungkin ngabulin request yang diluar niche atau topik channel gw. Misalnya kalau mendadak ada yang minta gw main funk, ya mungkin akan gw mainin, tapi ya versi gw. Misalnya depannya Bruno Mars, nyambung ke riff Get The Funk Out.
Target umur channel gw adalah para generasi 90 sampai 2000-an. 60% cowok, dan 40% cewek. Maka gw harus pintar-pintar mengemas isi video gw supaya konten gw sesuai dengan selera mereka. Dari mana gw tahu? Naaah… kita ke nomer 6!

Yang Ke-6, Perhatiin Analytics!

Analytics terbaru, yang sekarang masih dalam tahap BETA bisa nunjukin apa yang terjadi dengan channel lo secara lebih gampang daripada versi klasik. Lo bisa liat retention penontonlo yang kemudian bisa jadi patokan video seperti apa yang disukai subscriberlo.
Satu tips rahasia dari gw, lihat grafiknya saat di posisi terbawah sebelum menjulang tinggi. Video di waktu dan konten seperti itulah yang bakal bikin channello rame pengunjung.
Banyak yang mensalahartikan grafik, malah ikutin posisi tertinggi. Padahal, posisi tertinggi itu hanya bergerak turun, alias channel lo ditinggal penonton.

Yang Ke-7, Thumbnail!

Penonton mengklik videolo bukan karena suka isinya, yaeyalah kan abis diklik baru ketonton. 
Ya memang kalau videolo itu sesuatu yg trending, calon penontonlo bisa mengira-ngira isi videolo, tapi gimana caranya supaya mereka setidaknya klik dulu videolo?
Salah satu cara membuat videolo dipilih oleh penonton adalah dengan membuat thumbnail yang menarik. Karena, thumbnail menarik itu bagaikan jebakan Batman. Cek berapa banyak yg view video cover Karna Su Sayang gw, dan bandingkan suka vs tidak sukanya.


Itu artinya mereka sudah menonton, baru klik icon tidak suka. Intinya… thumbnailnya cukup menarik untuk menarik penonton.
Cek video di bawah ini untuk tutorial membuat thumbnail YouTube yang menarik.

Yang Ke-8, Subforsub!

Mungkin kedengeran absurd yah karena YouTube jelas-jelas melarang subforsub. Tapi ingat, subforsub dilarang dilakukan di dalam YouTube. Kalau lo saling sub di dalam sebuah forum atau komunitas, itu dibolehkan. 
Misalnya gini, lo ketemu sepupulo yang baru pulang dari merantau. Dan ternyata dia punya channel travelling yang menurutlo bagus. Dan dia suka sama channello tentang cara mengukir buah. Masa iya kalian gak saling sub? Itu contoh sederhana subforsub di luar YouTube.

Yang Ke-9, Ingetin Penontonlo!

Buat chanel yang durasi videonya pendek-pendek kaya gw, penonton harus diingetin buat sub, kalau gak, mereka secara gak sadar sudah pindah ke video selanjutnya yang direkomen oleh YouTube. Pakai cards dan end-screen buat ngingetin penontonlo untuk subscribe. 
Ini gw lakukan di poin nomer 4 tadi, gw minta lo buat cek tentang SEO di channel gw yang lain. Jadi jangan heran kalau di channel gw yang lain gw malah promosiin channel Calon Rocker!

Yang ke-10, Berkolaborasi!

Kolaborasi adalah salah satu bentuk untuk manjat sosial channel orang. Dan sayangnya antusiasme seseorang buat diajak collab itu kurang kalau yang ngajakin itu channel yang lebih kecil. Sebagai channel kecil, gw anggap itu sesuatu yang konyol!
Silahkan cek link di atas kanan ini buat lihat kumpulan kolaborasi gw, dan gw gak pandang bulu dengan channel sekecil atau sebesar apa gw collab. Lo asik, gw tarik. 
Dan hey… channel yang lebih kecil itu artinya masih punya banyak hal yg belom dia lakukan, ngapain takut collab sama channel yang lebih kecil?!? 
Siapa tahu lo malah dapet ide fresh dari mereka dan subscriber dia yang suka hasil collab kalian berdua jadi subscriber lo, dan sebaliknya. 
Tenang aja, subscriber lo ngesub dia gak berarti lo kehilangan subscriber itu kok. Kecuali lo gak pede sama kualitas channello.

Bonus Point. Join Square SalingAbsense. 

1000 subscribers itu cuma salah satu cara untuk ditinjau, dan gak terlalu sulit buat dapetin 1000 subscribers kalau lo ikutin cara gw di atas dan nge-YouTube dibawa asik. 
Yang lebih sulit adalah buat dapetin 4000 jam tayang. Saling AbSense adalah sebuah komunitas di mana para membernya berinteraksi dan saling menonton video member lainnya. 
Mau gabung? Chat ini: line.me/ti/p/~rakachikibum
Nah begitulah Cara Mencapai 1000 Subscribers dan Hal Nyebelin Dalam Prosesnya, silahkan tinggalkan pertanyaan di komen kalau ada yang kurang jelas.
Gw Calon Rocker, out!

Comments