Calon Rocker Pindah Rumah!

Cara Mencari Uang Melalui Youtube & Keuntungan Jadi YouTuber

 Cara Mencari Uang Melalui Youtube & Keuntungan Jadi YouTuber

Halo teman Calon Rocker!
Sekarang gw mau bahas sesuatu yang serius tapi ya agak out of topic sih, tapi gw berasumsi kalau lo tertarik dengan topiknya karena lo lagi nonton video ini. 


Bulan Desember 2018 ini adalah bulan ke-8 gw menjalankan channel ini. Sekarang gw mau berbagi soal cara mencari uang melalui YouTube, berapa penghasilan YouTuber 1000 subscriber dan keuntungan jadi YouTuber lainnya.

Sesuai judulnya, gw mau blak-blakan kasih tahu jeroan channel ini, ya terutama gw udah dapet apa sih setelah 8 bulan bikin channel YouTube?

Dan gimana cara lo bisa dapetinnya juga. Tapi ada syaratnya, sob...

Karena video ini mungkin agak panjang, lo bisa download video ini ke gadget atau komputer lo dengan menekan tombol titik tiga di sekitar video ini dan lo bisa tonton sepuasnya secara offline, alias gak pake quota.

Video gw yang lain juga bisa didownload kok, bebas... asal downloadnya tetap dalam aplikasi YouTube ya, kalo gak ya sama aja lo download bajakan, soalnya gw gak bakal dapet tambahan view dari lo. 
Yup, YouTube juga ngitung view lo walaupun secara offline. jadi kita sama2 gak saling merugikan.
Udah, gitu aja syarat dari gw... lo bonusin subscribe dan like juga bolehlah!

Kita mulai, tapi jangan kaget karena yang udah gw dapat bisa dibilang gak nyambung sama niche channel gw. Btw, ini urutan secara random ya... jadi bukan karena nilai rupiahnya.

1. Dari Game.

Jadi begini, kemaren ini gw lagi seru maen game yang namanya 5 Heroes, The King's War. Tapi lantaran gw harus install ulang, semua progress gw hilang.

Lalu gw tulis keluhan gw di Play Store, yang kemudian gw diminta untuk menghubungi sebuah email.

Melalui email, gw membuat negosiasi, gw bilang kalau gw bakal bikinin dia video review kalau game gw bisa gw lanjutin. Dan gw kirimin link ke channel YouTube gw buat dia lihat.

Dan ternyata, dalam waktu dua hari gw dikirimin heroes lengkap langsung di level 20, dan ratusan diamonds berikut puluhan ribu coin!

Diamond dan coin itu kalo dirupiahin kurang lebih sama dengan 200ribuan, dan itu belum termasuk heroes lengkapnya ya. Heroesnya itu kalau dari level awal totalnya sekitar 200 ribuan, pokoknya pusinglah ngitungnya.

2. Dapet Vendor Video Maker

Jadi gw udah ngobrol sama dua pembuat klip profesional yang tertarik untuk bikinin video klip original song gw secara gratis.

Buat gw ini wow banget! Bukan karena gratisnya, tapi karena gw ngerasa ini adalah bukti nyata kalau channel gw ada yang mengapresiasi.

Pembuatan video klipnya masih dalam proses, tapi nanti lo kira-kira aja nominalnya kalau dirupiahin berapa setelah klip itu jadi.

3. Jadi Brand Ambassador

Kedengerannya keren ya? Tapi pokoknya gw bakal dapet satu buah gitar Fender sebagai bayaran gw untuk mengiklankan sebuah kafe sebagai Calon Rocker. Kalau gw cek di Bukalepek harganya kisaran 7-10 jutaan.

4. Job Bikin Video Klip 

Ini kebalikan dari nomer dua, kali ini gw yang dihire untuk garap klip yang linknya ga usah gw kasih karena takutnya bisa membongkar identitas rahasia gw.

Fee untuk shoot sampai finishing ini kisaran 15jt.

5. Sambungan Dari Nomer Empat, 

...akhirnya gw dipercaya untuk garap website dan media sosial si artis, dan juga bantuin untuk menjual lagunya di Spotify, iTunes, Amazon dll. 

Kalo lo mau jualan lagu juga, silahkan cek link ini.

6. Diendorse Pembuat Gitar Custom

Nah, ini juga seru banget, karena gw bakal diendorse sambil promoin produk gitar custom, Dan jangan salah, gw ini pemilih banget, jadi udah bisa dipastiin bakal keren. Mau tau produsennya, cek video q&a gw.

Terakhir, Gak Pake Nomer... AdSense! 

Lo mungkin bingung kenapa AdSense malah gw taro di poin terakhir. Sederhana sih, karena AdSense yang gw dapat itu bukan dsri YouTube. Seperti lo tahu, channel gw belom melek iklan, tapi AdSense gak cuma dari YouTube, sob.

Kalo lo perhatiin hampir semua video gw durasinya pendek. Jadi video pendek itu untuk kasih contoh secara audio dan visual langsung ke intinya, sementara penjabarannya secara luas ada di blog gw.

Jadi lo ga bakal tuh nemu video tutorial gw yg durasinya setengah jam, basa-basinya 15 menit, intinya cuma semenit, dan sisanya basa-basi penutup. Itu sih ngerampok, sob.

Kata gw pribadi loh, yg setuju boleh sub dan komen, yang gak setuju boleh jadi hater setia gw dengan cara sub dan klik loncengnya supaya bisa cela semua video gw selanjutnya.

Kalau lo kerajinan, lo bisa cek video pertama gw dan bandingin sama video gw belakangan ini. Lo pasti gak percaya kalau gak ada satupun "upgrade" yang gw beli sendiri. 

Nah, sekarang gimana caranya lo, terutama para pemilik channel nubie seperti gw ini bisa menghasilkan dari YouTube?

1. Video Dengan Topik Yang Konsisten

Secara garis besar adalah, tentuin topik yang tepat, bangun image, dan rajin bikin penawaran, contoh gw tadi adalah ke developer game. Mungkin kedengeran basi, tapi anjuran channel2 tutorial yang bahas cara kembangin channel YouTube itu kebanyakan betul.

2. Topik Yang Unik dan Dikuasai

Cari topik atau niche channnel yang bisa secara konsisten lo bikin. Lalu plintir biar unik. Kalo lo bangun channel tutorial gitar dengan keyword belajar gitar, ya goodluck deh bersaing sama channel-channel yg udah tahunan dan punya jutaan subscriber walaupun isinya ngaco.

Lo bisa berkreasi misalnya dengan bikin cover lagu orang tapi dikreasiin menurut apa yang lo kuasai, misalnya jadi versi jazz, dangdut dan lain-lain. Jangan takut aneh, karena selalu ada penonton buat video seaneh apa pun di YouTube.

Misalnya chanel gw ini, lo bisa liat kalo gw rajin bikin cover lagu orang dengan vokal yang pas2an dengan versi sesederhana mungkin. Gw sih tebel muka ya, pake topeng lagi. Jadi dikatain jelek juga gpp, dia udah nyumbang satu view kok.

3. Anggap YouTube sebagai Tempat Hostingan Video Gratis

Kalau lo mau cepet-cepet ngerasain AdSense, jangan ngarep dari YouTube doang, masukin ke blog, share blog lo itu.

4. Bikin Video Singkat dan Padat

Orang Googling atau buka YouTube buat mencari hiburan dan informasi yang mereka butuhkan sambil melihat alternatif lain. Jadi penonton bakal langsung skip videolo kalau setelah beberapa menit (bahkan detik) videolo dianggap gak ngasih apa yang mereka butuhkan.

Konon, view itu dihitung setalah 1/3 total durasi video lo ditonton. Jadi, gimana lo ngarepin dapet view banyak kalo durasi video lo 30 menit dan orang udah keburu bosen nonton video lo di menit ke-5, ya kecuali kalo video lo punya daya tarik yang tinggi ya. 

Gw sih belum mampu. Jadi kalo lo masih nonton video gw sampai habis, gw berterimakasih banget!

Nah, itulah daleman channel gw, kalau ada yang kurang jelas, lo bisa tulis di bagian komen.
Gw Calon Rocker, out!





Comments