Calon Rocker Pindah Rumah!

Trik Gitar Tipu-Tipu 7b: Lo Gitaris Apa Editor?

Trik Gitar Tipu-Tipu 7b: Lo Gitaris Apa Editor? 

Halo teman Calon Rocker!


Ini adalah lanjutan dari video Trik Gitar Tipu-Tipu sebelumnya (7a). Tonton dulu biar nyambung yak!



Tema kali ini adalah "Gitaris Apa Editor"? Karena kita tahu hal serumit apapun bisa diakali kalau kita bisa ngedit atau punya budget buat sewa editor.

Video ini gak menurunkan derajat gitaris yang menggunakan editor, karena editor hanyalah alat. Tanpa ada otak dan kreatifitas seorang musisi, editor (aplikasi) hanya menjadi alat yang menunggu diperintah.

Kita lihat contoh sang virtuoso, Jason Becker yang menderita (ALS; Lou Gehrig's Disease) yang menyebabkannya lumpuh namun tetap bisa mengeluarkan album dengan karya yang dibuat menggunakan editor yang dioperasikan melalui matanya.
Buat gw, Jason Becker adalah Stephen Hawking-nya dunia gitar!

Man Behind The Gun? 

Untuk tema kita kali ini, ujaran Man Behind The Gun itu bener banget!
Coba lo ambil aplikasi dan segala peralatan Jason Becker, lo pasti ditangkep polisi. Eh serius... coba lo ambil semua perangkat milik Jason Becker lalu lo kasih ke orang tanpa pengetahuan musik, misalnya ke Mang Jajat tukang soto gerobak yang mangkal di sebelah rumah. 

Gw berani taruhan, dalam setahun gak akan ada satu pun komposisi yang berhasil dibuatnya. Yang ada, dia malah jual semua peralatan Jason Becker dan dia jadiin Tenda Soto Mang Jajat. Setuju?

Man Behind The Gun Hari Gini?!?

Sialnya, untuk tema kali ini... ujaran itu juga ada benarnya!
Mari kita tinggalkan dulu Jason Becker dan beralih ke kids jaman now. Dengan modal hape Android, seorang pemilik hape bisa dengan mudah membuat sebuah "komposisi" menggunakan berbagai macam preset yang sudah disediakan developer.

Tapi lo jangan lupa bahwa ada "otak kreatif" di balik setiap preset yang tersedia.

Balik ke Mang Jajat, apakah dengan aplikasi di hapenya dia bisa membuat sebuah lagu? Tentu saja bisa, walau belum tentu enak didengar! Mang Jajat bisa browsing dan mencari progresi kord lagu pop (atau genre lainnya) bermodalkan hape dan koneksi internet yang makin hari semakin murah.

Setelah itu, baru diterapkan ke aplikasi editor di hapenya. Walaupun bukan kualitas Platinum, tapi cukup layaklah untuk jadi ringtone.
Nah, kalau Mang Jajat aja bisa, apa lagi alesanlo sekarang?!?

Comments