Calon Rocker Pindah Rumah!

Trik Gitar Tipu-Tipu 7a | Whole Tone Scale

Trik Gitar Tipu-Tipu 7a 

Halo teman Calon Rocker!
Kali ini gw bikin intro buat video Trik Gitar Tipu-Tipu yang sebenarnya, yang akan gw upload besok. Di sini gw gebahas tentang Whole Tone dan aplikasi gratis yang bisa lo pakai untuk membuat sebuah komposisi lagu. Sebelum kita bahas Whole Tone leih dalam, kita simak dulu aja videonya:


Video di atas adalah ide iseng yang gw bikin menggunakan jalur Whole Tone untuk materi video Trik Gitar Tipu-Tipu 7a, yang merupakan bagian dari Playlist Trik Gitar Tipu-Tipu biar Kelihatan Jago.

Ini dia playlistnya:

NOTE: Di deskripsi playlist tersebut, gw tulis:

Playlist ini berisi trik gitar tipu tipu biar kelihatan jago.
Dengan nonton playlist Trik Gitar Tipu Tipu, lo bakal tahu trik yang sering banget dipake sama gitaris buat bikin efek "WOW", yang padahal sebetulnya biasa aja.
Ya namanya juga tipu-tipu, kadang-kadang lo sendiri yang bakal ketipu sama video yang ada di playlist ini. Jadi... lemesin aja sob!

Yang artinya, nontonnya dibawa santai aja. Walaupun materi yang gw kasih tetap bisa diaplikasikan, tergantung gimana penerimaan si penonton.

Apa Itu Whole Tone Scale?

Whole Tone Scale adalah jalur nada memiliki jarak satu nada dari satu nada ke nada selanjutnya. Misalnya, untuk whole tone C, maka kita akan memiliki jalur Whole Tone yang berisi nada-nada:
C-D-E-F#-G#-A#-C

Jarak 1 nada pada gitar adalah 2 fret, dan 1/2 nada adalah 1 fret. Di bawah ini adalah jalur Whole Tone yang gw pakai untuk video di awal artikel ini.



Lumayan rumit ya? Tapi tenang aja, karena gw punya kabar buruk. Ada yang lebih sulit daripada memainkannya, yaitu kapan dan bagaimana memainkan Whole Tone. Tapi itu bahasan kita untuk di video besok. Gw Calon Rocker, undur diri!



Comments