Calon Rocker Pindah Rumah!

Jajal Setup Baru Sambil Omongin Djent

Settingan Lebih Sederhana Untuk Shooting dan LIVE YouTube

Halo teman Calon Rocker!
Sekarang gw mau coba settingan baru yang lebih sederhana buat bikin video YouTube. Alasannya, untuk memaksimalkan waktu dan biaya. Sebelumnya gw paling makan waktu beberapa menit untuk shoot, dan menghabiskan waktu seharian untuk editing.


Ini berhubungan erat dengan topeng baru gw yang memungkinkan gw untuk melihat tanpa harus memperlihatkan mata gw. 
Yup, ada fasilitas baru akan menimbulkan kebutuhan baru.
Dengan topeng sebelumnya, gw harus memakai makeup di area mata, untuk video yang mengharuskan gw berinteraksi dengan monitor... atau memakai tutup kepala secara terbalik untuk video yang memungkinkan untuk didubbing. 

Intinya... ribet! Makanya tonton aja deh video di bawah ini untuk penjelasan yang lebih baik.

Proses Kerja Yang Baru Juga

Untuk audionya, selama ini gw melakukan recording di GarageBand berikut narasinya. Jadi prosesnya adalah rekam audio, shoot video, lantas mensinkronkan keduanya di Final Cut Pro X. Meskipun proses ini sangatlah menyenangkan, namun kembali ke masalah di atas, yaitu waktu dan biaya.

Oh iya, buat kalian yang mikir biaya apa yang harus gw keluarkan untuk satu video, silahkan hitung biaya listrik untuk laptop, efek gitar, AC dan lampu. Dan itu baru untuk listrik, belum lagi makeup dan waktu. Bayangkan kalau waktu satu hari itu gw pakai untuk macul sawah... pegel kan?!?

Dan sebelum memakai proses yang sekarang gw pakai, gw sudah berkonsultasi dengan rekan sesama gitaris sampai ke tekhnisi gitar. Sayangnya, jawaban yang gw dapat ada yang terlalu tehnikal, overkill, atau malah mengharuskan gw keluar biaya lagi.

Solusinya Adalah...

Internet gw mati dan ternyata penyebabnya adalah kabel ethernet gw yang digigit putus sama 3 anjing gw. Maka gw harus membeli yang baru, tapi nominal belanja kabel gak sebanding dengan ongkos kirimnya, kecuali gw belanja minimal 50rb. Lantas gw tergoda untuk coba speaker murah meriah yang bisa dicolok pakai USB untuk powernya, dan memiliki input jack 3.5mm.

Lantas dimulailah percobaan pertama gw. Karena gw gak mungkin cuma "jrang-jreng", maka gw membahas sedikit tentang drop-D tuning, dan Djent.

Di bawah ini adalah hasil percobaan pertama gw, dan kalau menurut kalian hasilnya "mencukupi" mungkin gw akan tetap pakai cara ini dan juga siap melakukan LIVE di YouTube! Ditonton yak, dan gw tunggu masukan dari kalian!


Gw Calon Rocker, undur diri!


Comments