Calon Rocker Pindah Rumah!

Kesalahan Umum Gitaris Pemula

Kesalahan Umum Gitaris Pemula

Halo teman Calon Rocker!
Sekarang gw bakal bahas kesalahan umum yang dilakukan oleh gitaris pemula atau mereka yang baru mau menjadi gitaris.

Nah, biar lo gak kejebak dalam kesalahan yang sama, mendingan lo klik dulu tombol subscribe dan lonceng channel YouTube Calon Rocker. Soalnya, channel ini berisi berbagai info mulai dari yang penting sampai yang keren seputar topik gitar.

Inilah Daftar Kesalahan Umum Gitaris Pemula:

  1. Salah pilih instrumen
    Ketika lo ragu buat memutuskan akan milih alat musik apa, biasanya bakal ada yang saranin," belajar piano aja, kalo teori musiknya udah tahu, ke alat musik lain gampang kok".

    Saran ini gak sepenuhnya salah, tapi ya konyol aja. Sama aja kaya lo mau pemain bola, tapi disuruh jadi atlit marathon dulu, soalnya pemain bola kan harus kuat lari keliling lapangan.

  2. Salah pilih gitar
    Ini umum banget, dan biasanya lo bakal denger orang nyaranin gini, "beli gitar akustik aja dulu, kalau bisa akustik pasti bisa elektrik kok". Atau sebaliknya, "pakai gitar elektrik punya om aja, tuh daripada bulukan di gudang".

    Kasus pertama adalah lo mengidolakan Tommy Emmanuel atau Kaki King, dan malah dikasih gitar elektrik sama om lo. Ya sama juga... lo gak bakal dapet ambience yang sama dengan tokoh-tokoh gitar idola lo itu.

    Saran gw, pergi ke gudang om lo, lalu foto dan ijin ke om lo buat jual gitarnya di Bukelepek. Baru duitnya dipake buat beli gitar akustik idaman lo.

    Kasus kedua, kalau lo mengidolakan SlipKnot atau Avenged Sevenfold, ya lo jangan beli gitar akustiklah. Lo genjreng sampe jari lo lepas juga gak bakal dapet feelnya.

    Apa lo mau nguliknya di akustik dan baru menikmati hasil ulikan lo di studio sewaan? Dan di sana lo baru nyadar... kok feelnya gak dapet ya? Terus buat idupin distorsi aja lo musti minta tolong sama operator studionya.

    Dan lalu ada temanlo yang ngerasa pintar saranin lo beli akustik elektrik aja. Gw punya kabar buruk, jumlah fretnya gak bakal cukup.

  3. Salah pilih lagu
    Semua gitaris pemula mau cepet keliatan jago, bener ga? Lalu milih lagu yang susah buat dipelajari dengan target di acara 17-an nanti lo bisa nyumbang lagu.

    Gw kasih tahu, itu sama aja dengan lo baru beli sepeda pixie dan mau mecahin record nasional dengan naik pixie dari Aceh sampai Irian.

    Ide lo bagus, tapi target lo yang gak bakal sampai. Dan ujung-ujungnya lo nyalahin ortulo yang gak nurunin gen musisi buat lo. Hah?!?
    Ini adalah contoh lagu sederhana yang bisa lo pelajari!

  4. Salah pilih materi
    Mirip nomer 3, gara-gara mau cepat bisa pamer lo pilih materi yang tingkat kesulitannya selevel dengan makan bakmi dengan 500 cabe.

    Misalnya, belum apa-apa lo udah masuk ke materi arpeggio dengan sweep picking , padahal buat mainin chord dan genjrang-genjreng aja tempo lo masih amburadul.

  5. Salah pilih guru
    Ini bahaya banget sih. Apalagi kalo lo niat belajar gitar malah berguru ke Cimande. Pulang-pulang lo jadi tukang urut.

    Serius, guru itu adalah mentor yang harus memantau perkembanganlo dan juga hambatanlo. Kalau gurulo selalu kasih lo materi sesuai apa yang lo mau, dan bukan apa yang lo butuh, mendingan lo ganti guru.

    Soalnya guru kaya gini cuma mikirin iuran bulanan lo aja. Dan gak perduli dengan perkembanganlo.

  6. Gak perduli teori
    Ya, gitaris pemula emang gak bisa pamer dengan teori. Dan jujur ajalah, teori itu ngebosenin. Tapi, dengan belajar teori lo akan lebih mudah menyerap materi yang sifatnya tehnikal.

    Ini sama aja dengan penghayatan seorang penyanyi yang bisa bahasa Inggris dengan yang one-two-three aja kebalik-balik dalam menyanyikan lagu 18 and alive.

    Dengan teori, lo bisa berkembang dari tahu, ke bisa, dan akhirnya paham. Dan, dengan teori lo bisa kembangin satu materi menjadi banyak materi lainnya untuk membuat gaya lo sendiri.




    Tonton dua video di atas ini untuk mengetahui bedanya tahu, bisa, dan paham (jangan khawatir, dua video ini totalnya cuma 3 menitan kok).

  7. Kurang bergaul
    Jujur aja, ini terjadi pada gw, sampai sekarang. Ini karena gw punya social anxiety disorder. Yang artinya gw gak bisa berinteraksi dengan orang lain seperti orang pada umumnya.

    Makanya gw ngerasa terbantu dengan adanya era internet dan YouTube, di mana gw bisa memilih teman dan bahkan ngeblock orang yg gw gak suka tanpa gw harus kenal dulu.

    Tapi ini bakal jadi masalah kalau suatu saat nanti gw harus berada sepanggung dengan orang yang sama sekali gak pernah gw ajak komunikasi.

    Gitaris pemula biasanya menghindari bergaul supaya gak ketahuan begonya, tapi siapa tahu kebegoan lo itu sebetulnya gak jadi masalah buat gitaris yang lain. Dan lo malah mendapat masukan berguna dari mereka.

    Dengan bergaul, lo akan memiliki akses lebih luas untuk bertukar licks, memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan gigs, dan akhirnya membentuk circle yang solid dan sifatnya simbiosis mutualisme.

  8. Tidak subscribe channel YouTube Calon Rocker dan tidak mengunjungi Blognya
    Ini adalah kerugian dan kesalahan paling besar bagi gitaris pemula, karena channel inilah yang bisa gw jamin memiliki konten yang terjaga kualitasnya. baik bagi pemula, maupun bagi expert yang butuh penyegaran untuk memorinya.

    Dan di blog Calon Rocker, lo bisa dapetin materi channel YouTube ini dalam bentuk tertulis berikut tablaturenya.
Nah, begitulah Kesalahan Umum Gitaris Pemula. Silahkan tulis di komen kalau ada yang gw lewatkan.
Gw Calon Rocker, out!

Comments