Calon Rocker Pindah Rumah!

Cara Main Gitar Untuk Pemula Eps. 03: Chord Gitar Untuk Pemula

Chord Gitar Untuk Pemula

Halo teman Calon Rocker!
Di serial Cara Main Gitar Untuk Pemula Eps. 03 ini kita bakal bahas mengenai Chord Gitar Untuk Pemula.  Kalau lo udah nonton video atau baca artikel Cara Main Gitar Untuk Pemula Eps. 02, di situ gw udah kasih lihat chord gitar untuk pemula lagu Karna Su Sayang. Silahkan dicek ya videonya di bawah ini!



Di video sebelumnya kita udah belajar cara memetik gitar menggunakan jari, jadi kali ini kalian bebas mau menggunakan cara menggenjreng gitar untuk pemula, atau menggunakan petikan.

Bentuk-Bentuk Chord Gitar Untuk Pemula

Kalau kalian sudah pernah nongkrong dan genjrang-genjreng main gitar, itu artinya kalian sadar bahwa drum gak bisa digenjreng hahaha... garing kan? Ok gw ulang... Kalau kalian sudah pernah nongkrong dan genjrang-genjreng main gitar, minimal lo pasti udah tahu open chord.

Simak dulu video ini, baru lanjutin baca artikelnya...


Open chord adalah chord yang bisa kita mainkan menggunakan open string (tanpa menekan fret). Di bawah ini adalah bentuk-bentuk open chord:



Sebetulnya, dengan bermodalkan pengetahuan kita akan open chord tadi, kita bisa menggunakannya untuk memainkan chord-chord lain di seluruh fretboard gitar yang kita miliki. Caranya adalah dengan "mengubahnya" menjadi Barre Chords.

Barre Chords

Kita membuat Barre Chord dengan menggunakan telunjuk tangan fretting (tangan kiri untuk yang non kidal) sebagai pengganti nut. 

Misalnya, di chord A minor menurut contoh di atas, kita memainkan open string senar kelima sebagai bass A. Maka, untuk membuat chord B minor dari bentuk tadi, kita memajukan posisi bass ke E, dan diikuti senar-senar lainnya dengan bentuk/formasi yang sama.

Untuk jelasnya, silahkan lihat dua perbandingan di bawah ini:


Contoh berikutnya adalah menggunakan bentuk open chord E minor yang akan kita pakai menjadi chord F minor:

Sejauh ini gak ada yang rumit kan? Yang perlu lo tahu adalah di mana letak root chord tersebut. Misalnya chord D minor, di bawah ini rootnya ada di senar kedua fret ketiga. Jadi untuk maju ke chord E minor, kita harus memindahkan root D tadi ke E, diikuti dengan jari-jari lainnya. Ini contohnya:


Hal yang sama berlaku untuk open chord yang lain, walaupun gw akui gw memilii kesulitan untuk membuat versi Barre Chords dari bentuk open chord D. Untung saja secara estetika bentuk itu tetap bisa dimainkan dengan mudah dan terdengar bagus kalau dimainkan sebagai broken chord.

Baca artikel Berpindah Chord Dengan Satu Jari untuk mengetahui tentang Broken Chord.

Di Mana Letak Nada-Nadanya?

Chord-chord dasar tadi bisa menjadi acuan kita buat mainin chord-chord lain di seantero jagat fretboard gitar kita dengan satu syarat, kita harus tahu di mana root chordnya! Sayangnya, tidak ada cara lain yang lebih mudah untuk menghafal nada-nada yang ada di fretboard kita kecuali dengan menghafal.
Tapi tunggu dulu, jangan banting gitarlo dulu! Mending lo taro dulu gitarlo dan banting yang gak terlalu berguna aja, misalnya foto mantanlo.
Ada cara mudah untuk "mengetahui" nama-nama nada di fretboard lo, yaitu dengan melihat dot inlay pada fretboard lo. Gak tahu apa itu dot inlay? Tonton video ini!


Sepertinya sampai sini dulu materi  Cara Main Gitar Untuk Pemula Eps. 03: Chord Gitar Untuk Pemula, kita sambung sebentar lagi!
Calon Rocker, undur diri!

Comments