Calon Rocker Pindah Rumah!

Peregangan Jari aka Stretching

Peregangan Jari aka Stretching

Halo teman Calon Rocker!
Kalian pasti sudah akrab dengan istilah stretching dalam latihan gitar yang artinya adalah peregangan jari. Stretching memiliki berbagai fungsi, yang pertama (sudah tentu) supaya jari bisa lebih mudah mencapai nada yang akan dimainkan selanjutnya yang letaknya menyulitkan. Misalnya karena terlalu jauh atau berada di tempat yang tidak mungkin dicapai karena keterbatasan daya gerak sendi-sendi di jari kita.

Selain itu, stretching juga melatih "finger independence" kita. Nah, kalau ini agak aneh kalau dialih-bahasakan menjadi Bahasa Indonesia, yaitu "kemerdekaan jari". Finger indepence adalah daya tangkap jari untuk melakukan apa yang diperintahkan oleh otak kita.

Gw pribadi seringkali terjebak dalam situasi yang bikin gw berharap, "seandainya aja finger independence gw lebih baik". Terutama ketika melakukan recording dan jari gw malah memainkan nada yang diingat oleh memori motorik, bukannya nada yang sedang gw pikirkan.

Ini Adalah Latihan Peregangan Jari

Tidak apa-apa kalau ada beberapa latihan yang tidak bisa kalian lakukan. Karena tujuan kita adalah memperlancar permainan gitar kita. Bukannya jadi peserta karnaval sirkus.
Perhatikanlah putunjuk jari mana yang dipakai, tertulis di atas TAB.

1 = Telunjuk 2 = Jari Tengah 3 = Jari Manis 4 = Kelingking

Screen Shot 2018 10 20 at 21 10 45

Ulangi latihan tadi di senar dan posisi lainnya.

Modifikasikan latihan di atas sesuai dengan kebutuhan dan batas kemampuan kalian. Buat gw, yang paling sulit adalah peregangan jadi 2 dan 3. Gimana dengan kalian? Silahkan jawab di kolom komen. Sekian untuk sekarang.
Calon Rocker, undur diri. 

Comments