Calon Rocker Pindah Rumah!

Eksperimen Asal Tembak Improvisasi Jazz Tanpa Belajar Jazz

Apa Mungkin Improvisasi Jazz Tanpa Belajar Jazz?

Halo teman Calon Rocker!
Hari ini gw lagi gabut banget, jadi gw memutuskan buat bikin video improvisasi Jazz tanpa belajar Jazz. Lagunya gw ambil dari YouTube Audio Library buat mastiin gw gak melanggar hak cipta siapapun. Lagu yang gw pilih adalah lagu Canal 3, karena kedengerannya lebih hype dibanding lagu Jazz lain yang ada di situ.


Lagu ini cuma gw denger 2 kali sebelum gw mainin, dan itu one shot one kill, alias gak ada take ulang dan gak ada perencanaan apa-apa. Gw cuma masukin lagu itu ke GarageBand, pasang kamera, dan anak gw yang operasiin laptop buat gw ngerekam gitar sambil dishoot..

Ini Hasilnya

Kesimpulan Pribadi

Setelah beberapa bar, gw nemuin kunci lagu itu, dan mulai bermain secara key oriented. Untungnya, gak ada key changes di lagu itu. Buat seorang gitaris Jazz betulan, mungkin dia akan melakukan pendekatan secara chord oriented. Dan itu lumayan "memanggang" otak gw. 

Kalian pasti tahu di bagian mana gw mencoba chord oriented... karena di situ terllihat bahwa gw bikin kesalahan telak!

Kesimpulan Akhir

Berimprovisasi Jazz tanpa belajar Jazz itu mungkin-mungkin aja, karena teori musik itu sifatnya universal. Yang tidak mungkin adalah terdengar Jazzy tanpa memahami struktur musik itu sendiri, tapi ini ada pengecualian bagi mereka yang memiliki telinga dan selera yang Jazzy. 

Atau... itu artinya dia adalah gitaris Jazz betulan juga? Bisa jadi, yang jelas telinga, selera, dan kemampuan motorik harus selaras. Pastnya gitaris Jazz betulan akan langsung terdengar Jazzy tanpa harus melakukan segala macam trik dan tipu daya gitaris rock seperti yang gw lakukan di video tadi.
Buat yang kenal gw pasti paham kalau gw bikin ini buat senang-senang aja. Kalau yang gak kenal mungkin berpikiran, "apaan sih nih? Emangnya Jazz gampang?" dan berbagai macam emosi lainnnya. Well, either way... artinya gw sukses.
Gw jadi inget perkataan almarhum sahabat gw, "lo harus turunin level humor lo biar orang lain ngerti". Gw jadi kangen sama dia, susulin aja apa ya? 
Gw Calon Rocker, undur diri.


Comments

Post a Comment