Calon Rocker Pindah Rumah!

Tips Mengatasi Ngeblank Waktu Manggung




Tips Mengatasi Ngeblank Waktu Manggung

Halo teman Calon Rocker!

Siapa yang pernah ngerasain ngeblank waktu manggung?

Penyebab ngeblank bisa karena demam panggung, emang lupa, request lagu dadakan atau lantaran mabok. Gw pernah ngerasain semuanya, dan sampai sekarang gw masih survive dengan tips yang bakal gw bagiin berikut ini:

1. Stay Cool

Berlagak tenang aja, main seolah-olah emang lu lagi main, tapi matiin volume gitarlu. Biarinin soundman lu kebingungan di bagian mixer. Ya gpp sih, toh satu lagu itu rata-rata durasinya cuma 3 menitan kan?

2. Nyontek bassist

Pemain bass umumnya mainin nada-nada root tiap chord, jadi lu bisa nyontek posisi jari doi dan ikutin permainannya. Dengan cara ini lu bisa tebak progresi chordnya, dan berharap gak ngeblank lagi.

Lihat tipsnya di playlist menguasai fretboard tanpa menghafal dengan klik link ini.

Kalau tetap blank, mainin not yg dimainin bassistlu dengan sedikit variasi, misalnya satu oktaf lebih tinggi, kaya gini…

Tapi kalau bassislu itu mainnya model soloist kaya Billy Sheehan atau Flea, gunakan tips selanjutnya.

3. Berlagak ada kerusakan tekhnis

Deketin ampli lu, dan pura-pura setting ini-itu… Tapi kalau lu di acara gede yang udah ada tekhnisi yang berdedikasi, cara ini gak bakal ampuh. Karena masalah tekhnis bisa diselesaikan semudah Thanos menjentikkan jarinya.

4. Jujur…

Ini pernah gw lakukan dengan bilang ke mic, “I’m too high to play”, dan ternyata… gak begitu memalukan kok. Gimana mau malu, lagi high. Mungkin tetap dikatain, tapi gw gak ngerasa aja.

Nah, mumpung lagi jujur… klik tombol subscribe channel Youtube Calon Rocker dan klik loncengnya juga ya….

5. Bayar kekecewaan penonton

Ikutin tips-tips yang playlistnya gw kasih link di sini ini buat bayar kekecewaan penonton atas blank lu itu.

6. Ganti lagu

Ini umum banget dilakukan kalau lu gak tahu lagu apa yang bakal dimainin selanjutnya. Berharap aja member band yang lain setuju dengan ide lu ganti lagu, kalo gak… ya kan ada 5 tips sebelumnya.

Oke deh, sepertinya itu cukup buat kali ini. Selalu berlatih rutin, supaya selupa apa pun kalian, tetap bisa diatasi dengan baik.


Comments