Calon Rocker Pindah Rumah!

Membuat Sound Terdengar Tebal

Sekarang kita akan membahas bagaimana membuat sound distorsi terdengar tebal dan garang. Silahkan simak video berikut ini:

Kenapa Saya Bikin Video Ini?

Waktu SMP dulu, saya mau punya sound gitar seperti Metallica. Cita-cita yang tinggi memang, sayangnya dulu kami kurang paham tentang apa itu sound production. Setahu saya saat itu memang belum ada sekolah khusus macam itu. Kalau sekarang, kita bisa masuk ke SOCCA untuk belajar lebih dalam tentang itu.

Saya sempat berbincang-bincang dengan salah satu murid di sana, dan terkejut bukan main mendengar biaya untuk belajar sound engineering. Bisa puluhan sampai ratusan juta. Jadi kalau dulu tidak bisa belajar karena tidak ada sekolahnya, sekarang karena tidak ada biayanya. 🤪

Untungnya prinsip dasar yang saya dapat di sekolah musik cukup memberi pencerahan tentang kenapa saya tidak bisa pnya sound gitar seperti Metallica. Yaitu karena ternyata suara yang saya dengar adalah hasil dari perpaduan semua instrumen musik yang ada di dalam band itu.

Bagaimana mungkin band saya bisa terdengar seperti Metallica kalau sound pemain bass saya tidak seperti Cliff atau Jason (bassist Metallica saat itu), dan sound drummer saya tidak seperti Lars Ulrich?

It's not about volume, it's about tone. ~Dave Mustaine.


Comments