Calon Rocker Pindah Rumah!

Main Wah Pedal Otomatis dengan Automation


Memainkan Wah Pedal Otomatis di GarageBand


Efek di GarageBand memang asik untuk dimainkan, namun ada beberapa yang harus kita mainkan secara manual, misalnya Wah Pedal dan Whammy.

Untung saja ada Automation. Kita dapat menggunakan Automation untuk banyak hal, misalnya untuk memainkan Wah Pedal dan whammy atau sekedar mengatur fade-on dan fade-out.

Kali ini saya hanya akan menunjukkan penggunaan Automation pada Wah Pedal, karena prinsip penggunaannya untuk fungsi yang lain sama saja.

1. Pertama, kita rekam dulu track gitar yang akan kita mainkan dengan Wah Pedal.

2. Kemudian, kita pasang Wah Pedal dengan memasukkannya ke dalam Pedalboard.

Sayangnya, kita tidak dapat memainkannya secara manual ketika kita akan meng-export lagu. Maka kita kembali ke Automation.

3. Pencet A untuk membuka Automation atau dari menu Mix > Show Automation.

4. Klik tulisan Volume yang berwarna kuning, kamu akan menemukan semua menu yang bisa dikendalikan Automation, termasuk Wah Pedal.

5. Buka menu Pedalboard, kamu akan melihat ada Pedal State dan Pedal Position. Pedal State artinya Wah Pedal nyala atau mati, sementara Pedal Position adalah posisi injakan di pedal. Kita pilih Pedal Position.

6. Double click pada garis untuk membuat keyframe dan tarik ke atas atau ke bawah untuk mengubah posisi pedalnya. Double click lagi untuk menghapusnya. 


Comments